Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli
· Menurut
Loudon dan Bitta (1995)
Mencakup proses pengambilan keputusan dan kegiatan yang
dilakukan konsumen secara fisik dalam pengevaluasian, perolehan, penggunaan dan
mendapatkan barang atau jasa.
· Menurut
Engel, Blackwell dan Miniard (1995)
Pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap
tindakan yang langsung dilakukan konsumen dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa, serta termasuk proses keputusan yang mendahului
dan mengikuti tindakan tersebut.
· Menurut
Hawkins, Best dan Coney (2007)
Merupakan studi tentang bagaimana individu, kelompok atau
organisasi melakukan proses pemilihan, pengamanan, penggunaan dan penghentian
produk, jasa, pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhannya terhadap
konsumen dan masyarakat.
· Menurut
Schiffman dan Kanuk (2007)
Merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat
keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang dan
usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
Tujuan Mempelajari Perilaku Konsumen
·Dalam
pasar yang semakin intensif tingkat persaingannya, tuntutan konsumen yang
semakin tinggi dan sangat ingin diperlakukan secara khusus, pemahaman akan
konsumen begitu tinggi. Untuk itu sangatlah dibutuhkan pengetahuan tentang
perilaku konsumen demi memuaskan konsumen dan memenangkan persaingan.
·Pemahaman
terhadap perilaku konsumen sangat bermanfaat untuk kepentingan penyusunan
strategi dan bauran pemasaran. Melalui pemahaman terhadap psikografis konsumen
dan juga perilaku penggunaan, pemasar dapat melakukan segmentasi berdasarkan
variabel tersebut. Berdasarkan sikap konsumen, pemasar dapat menyusun strategi
promosi, khususnya iklan secara tepat.
·Manfaat
mempelajari perilaku konsumen bagi perusahaan adalah memungkinkan perusahaan
memahami dengan tepat kebutuhan dan keinginan pelanggannya sehingga dapat
membantunya untuk memuaskan pelanggan, menerapkan konsep pemasaran dan
memperluas legitimasi ke masyarakat (Sheth & Mittal, 2004)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar