JellyPages.com

Selasa, 27 November 2012

Manusia dan Kegelisahan

Ketika Menghadapi Ujian Nasional

Kegelisahan adalah kondisi dimana diri manusia merasakan sesuatu hal yang bersifat kurang stabil.Kondisi tersebut terjadi karena tidak adanya keselarasan atau kemantapan antara hati dengan hal yang dia jalani.Gelisah bisa terjadi karena sugesti,faktor yang dapat menimbulkan kegelisahan adalah rasa takut yang besar.


Kepanikan akan ketika menghadapi ujian,terlebih jika yang dihadapi adalah ujian nasional ,kepanikan tersebut akan menjadi suatu kegelisahan. Banyak murid sekolah yang gelisah ketika akan menghadapi ujian nasional,terlebih jika yang dihadapi adalah ujian nasional, hal tersebut timbul dikarenakan semakin tingginya taraf nilai ketulusan yang distandarkan di negara ini. Faktor tersebut membuat beberapa murid menjadi sangat gelisah ketika menjelang ujian nasional. Selain kegelisahan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada soal ujian tersebut, sistem menulis jawaban dengan metode melingkari huruf yang akan diperiksa melalui komputerisasi juga membuat para siswa panik. Apabila dalam melingkari jawaban tidak sesuai aturan dan kertas jawaban yang digunakan cacat pada saat mengerjakan akan menjadi salah satu faktor yang membuat peserta ujian tidak lulus.

Pemerintah selalu menaikkan standar nilai kelulusan unta siswa-siswi yang menduduki bangku Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas. Setiap tahunnya,murid yang akan menjalani ujian nasional harus mampu mengikuti nilai standar kelulusan seperti nilai standar yang berlaku di luar negri. Walaupun nilai standar tersebut mengikuti nilai standar yang ada pada luar negri, harus tetap diakui bahwa standar kurikulum yang berlaku pada negara kita jauh lebih sulit dibandingkan standar internasional, sayangnya hal tersebut tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang menunjang. Yang paling memprihatinkan lagi adalah kurangnya dukungan terhadap pendidikan di daerah-daerah. Pemerintah kurang memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di daerah pelosok. Masih banyak murid yang susah mendapatkan materi pelajaran dan guru-guru sukarelawan pun tidak mendapatkan perhatian yang lebih. 

Apabila pemerintah lebih memperhatikan kembali sistem pendidikan yang ada di negara kita ini, Maka kegelisahan yang terjadi pada setiap murid-murid akan berkurang. Tidak akan ada lagi murid yang merasa tidak siap dalam menjalankan suatu ujian. Terlebih lagi ujian nasional karena mereka telah dibekali dengan pengetahuan yang luas, sistem pengajaran yang bermutu, dan sarana juga prasarana yang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar